Sabtu, 01 Juni 2013

Apa sih Hulbah Fenugreek itu??

Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Kelabat, Hulbah Fenugreek atau Trigonella foenum-graecum merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae ( sebelumnya lebih dikenal sebagai kacang-kacangan ). Klabet ( versi bahasa Indonesia ) dapat digunakan untuk obat herbal (daunnya) dan sebagai rempah (bijinya), dikenal juga dengan nama methi). Tumbuhan ini dibudidayakan secara global sebagai semi-arid crop dan merupakan bumbu umum untuk pembuatan kari atau kare.

Varietas
Ada dua jenis Hulbah Fenugreek ini. Tapi yang lebih umum, berbiji besar yang memiliki daun sedikit lebih besar dan berbunga putih.  Varietas ini hanya dapat dipotong sekali sehingga perlu menabur suksesi. Jenis yang kedua, memiliki daun sedikit lebih kecil, bunga kuning dan akan tumbuh kembali setelah pemotongan.
Hulbah Fenugreek warna kuning

Penanaman


Fenugreek tidak dapat ditransplantasikan, sehingga harus ditanam langsung ke tempat yang cerah. Pada waktu ditanam diberi jarak 5cm sedalam 0.5cm.Waktu tanam biasanya antara bulan april sampai agustus. Perkecambahan biasanya akan berlangsung dalam waktu seminggu. Tanaman tumbuh pesat dan cukup kuat untuk bersaing dengan sebagian gulma. Berbagai berdaun kecil akan terus tumbuh perlahan-lahan sepanjang musim dingin sedangkan yang lebih besar umumnya akan mati.

Meskipun fenugreek adalah kacang-kacangan, itu tidak selalu dapat memperbaiki nitrogen. Tanaman yang memperbaiki nitrogen harus mampu menghasilkan pertumbuhan hijau subur di tanah kesuburan rendah dengan beberapa masalah, sedangkan Hulbah Fenugreek cenderung tidak dapat. Oleh karenanya Miskin status hara tanah dapat mempengaruhi rasa tanaman.

Pemanenan
Jika Anda memanen tanaman untuk daun, memotong batang beberapa cm di atas dasar saat tanaman sampai dengan tinggi 25 cm. Semakin besar berbagai bunga putih tidak akan tumbuh kembali setelah berbunga sehingga perlu menabur suksesi sedangkan varietas kuning dapat dipotong beberapa kali dan harus dipotong secara teratur untuk mencegah pembibitan dan tetap produktif.
Hulbah Fenugreek warna putih
Mereka umumnya akan siap pada 6 minggu setelah tanam tergantung pada cuaca. Kualitas daun akan menurun setelah kuncup bunga mulai muncul jadi coba dan panen sebelum itu.

Berkembang untuk kecambah
Fenugreek juga dapat tumbuh sebagai salad dan memiliki rasa pedas khas. Rendam benih semalam, bilas dengan baik kemudian meninggalkan dalam stoples sedikit basah pada sisinya, membilas dua kali sehari (atau menggunakan sprouter kacang yang tepat!). Kecambah akan siap setelah beberapa hari, dan harus dimakan sebelum kecambah adalah 3 - 4 cm panjang, jika tidak mereka mulai menjadi pahit.


Fenugreek memiliki banyak kegunaannya ( nanti dibahas di artikel lain ). Daun segar dapat dimasak, dikukus atau dalam kari dengan kentang dalam cara yang mirip dengan bayam. Rasa mereka cukup ringan. Daun juga dapat dikeringkan dan ini memiliki lebih jelas rasa pahit yang digunakan untuk hidangan rasa.

Benih memiliki rasa pahit dan pedas bau khas yang merupakan konstituen utama dari bubuk kari. Rasa pahit dapat melunak dengan pemanggangan. 

Benih-benih Hulbah Fenugreek juga dikenal memiliki sifat obat banyak termasuk menghilangkan nyeri sendi, menurunkan kadar gula darah dan bahkan memulihkan pertumbuhan rambut!


1 komentar:

  1. seperti rumput liar ya gan?
    kita kayaknya bisa tanam sendiri ya? namun mungkin kesulitan bibitnya ya? hehe,, thx, sangat berarti.
    Salam
    pembesar payudara

    BalasHapus